Sains & Teknologi

Beberapa Masalah Psikologis yang Wajib Kita Tahu

Setiap manusia memiliki karakternya sendiri yang khas dan personal. Ini karena pengalaman, interaksi, pengetahuan dan cara pandang manusia yang berbeda-beda. Meski demikian, manusia secara umum bisa dikelompokkan pada kategor-kategori tertentu, misal: terbuka dan tertutup, penakut dan pemberani, dst. Kategorisasi ini untuk memudahkan identifikasi karakter dan watak manusia. Kategorisasi ini tentu saja berlaku dalam ilmu Psikologi.

Dari hasil identifikasi psikologi tentang manusia ini, ada loh yang unik dan bikin kita heran. Mau tahu? Ini dia masalah psikologis manusia yang unik dan bikin heran.

1. PICA
Pica (dibaca pika) adalah kondisi adanya dorongan dan keinginan yang kuat pada seseorang untuk memakan benda-benda yang bukan makanan. Benda-benda itu bisa berupa kabel, kardus dan lain-lain. unik dan aneh kan ya?

2. CARAPHERNELIA
Caraphernelia adalah kondisi mudah patah hati setiap kali ditinggalkan seseorang. orang dengan kelainan caraphernelia selalu meratapi kenangan yang menyakitkan saat ditinggalkan seseorang. Bahkan, ada juga yang menyebutkan bahwa caraphernelia adalah penyakit patah hati.

3. SINESTESIA/SYNAESTHESIA
Sintestesia merupakan kemampuan merasakan sesuatu dengan indera yang berbeda. Orang dengan kelainan ini dapat mendengar warna, merasakan angka, mencicipi bentuk atau semacam itu.

4. AUTOPHAGIA
Kelainan psikologi ini berupa kondisi dimana seseorang suka memakan anggota tubuhnya sendiri. Dalam pengertian yang lain, autophagia juga berarti menggigit bagian tubuh sendiri (tidak memakan). Dalam pengertian ini orang yang suka mengigit kuku, misalnya, bagian dari kelainan ini.
Penyebab kelainan ini biasanya karena terisolir dari masyarakat atau karena syaraf yang mati rasa dan perilaku impulsif.

5. DOROMANIA
Doromania adalah obsesi mencari dan memberikan hadiah kepada orang lain. Orang dengan gangguan ini akan memberikan hadiah bukan karena memiliki tujuan tertentu atau karena kedermawanannya. Tetapi, karena adanya dorongan yang sangat berlebihan hingga menjadi obsesi. (Viralia)

You may also like