Denyut

Terlindas Kuda Pacu di Payakumbuh, Bocah SD Tak Sadarkan Diri

Senin, 25 Februari 2019
Reporter : Tim Redaksi

Muhammad Ridho Billah (12) korban yang tak sadarkan diri ketika terlintas kuda saat pacu kuda berlangsung, Senin (25/2). IST
PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM–Alek pacu kuda yang diselenggarakan di gelanggang Kubu Gadang, Kota Payakumbuh selama 2 hari sejak Minggu hingga Senin (24-25/2) memakan korban. Dalam acara tersebut terjadi insiden, seorang penonton yang diketahui masih duduk di kelas VI SDN 16 Payakumbuh dilarikan ke rumah sakit dalam kondisi luka dan tak sadarkan diri setelah terinjak kuda.

“Korban berlari ke lintasan saat pacu kuda berlangsung,”ujar panitia pelaksana yang menjabat sebagai Wakil Ketua I Bidang Teknis, Mustafa saat dihubungi Haluan pada Senin (25/2). Korban diketahui bernama Muhammad Rhido Billah (12) warga Kelurahan Koto Panjang Payobasuang Kecamatan Payakumbuh Timur.

Korban diduga terlindas kuda sebelum berakhirnya race ke VIII kelas perdana AB 2 Tahun jarak 800 meter sekitar pukul 14.30 WIB. “Kejadian, saat berlangsung race ke VIII. Korban menyeberang di lintasan ternyata ada kuda yang berlari kencang dari arah samping,”ucap Mustafa lagi.

Usai kejadian, korban tak sadarkan diri dan langsung dilarikan ke RSUD Adnan Wd Kota Payakumbuh. Sampai pukul 16.30 WIB, korban yang dirawat  di ruangan IGD tersebut masih tidak sadarkan diri. Bahkan, pada bagian leher korban dipasang penyanggah. Sedangkan dimulut bocah 12 tahun itu mengeluarkan darah.

Perawatan Korban Ditanggung Panitia

Mustafa menjelaskan, panitia bertanggung jawab atas insiden yang menimbulkan korban tersebut. “Seluruh pengobatan ditanggung panitia,”terang Mustafa. Ketika ditanya, apakah korban Muhammad Rhido Billah dapat asuransi dari panitia pacu kuda, Mustafa belum bisa memastikan  hal tersebut. “Kalau korban memiliki karcis saat melihat pacu kuda, pasti dapat asuransi dari panitia,”ucapnya lagi.

Mustafa mengakui, saat pacu kuda berlangsung, sudah memperingatkan penonton untuk tidak melintas ke arena pacu kuda. Bahkan, arena pacu kuda tersebut sudah dipasang pembatas dan melibatkan tim keamanan. (h/ddg)

Sumber: Haluan.com

You may also like