Kabar

Tokoh Muda Minang Desak Jokowi Lockdown Pulau Jawa

Tokoh Muda Minang dan Deklarator Jaringan Intelektual Berkemajuan (JIB) mendesak Presiden Jokowi  agar melakukan kebijakan lockdown di Pulau Jawa untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. “Kita desak pemerintah pusat dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi untuk berani mengambil kebijakan lockdown khususnya di pulau Jawa,” tegas David Krisna Alka alumni INS Kayutanam, Sumatera Barat, yang juga Wasekjen PP Pemuda Muhammadiyah, Minggu 29 Maret 2020 di Jakarta.

Menurut Deklarator JIB ini, desakan ini terutama mengingat angka persebaran virus dan korban yang terus meningkat setiap harinya. Secara statistik, katanya, Indonesia termasuk negara yang besar kemungkinan akan mengalami angka eksponensial dibanding negara-negara lain khususnya di Asia Tenggara.

David Krisna Alka menyebutkan bahwa pemerintah pusat saat ini dihadapkan oleh sikap ragu karena banyaknya pertimbangan. Oleh karenanya, menurut David, prioritas negara saat ini adalah bagaimana angka kematian tidak tinggi dan persebaran covid-19 ini bisa dikendalikan dengan kebijakan lockdown terutama di pulau Jawa. Sehingga tidak menyebar ke mana-mana. Bahkan sekarang sudah masuk Sumatera Barat.

“Kita juga mendesak keseriusan negara dalam waktu yang secepat-cepatnya dalam menjamin kebutuhan pokok warga selama kebijakan lockdown dijalankan. keseriusan ini adalah memprioritaskan anggaran yang ada termasuk proyek pemindahan ibu kota hingga anggaran desa yang dapat dialokasikan untuk penanganan covid-19 ini,” papar David sapaan akrabnya.

“Himbauan-himbauan selama ini dari pemerintah terbukti tidak cukup berpengaruh sehingga kebijakan lockdown ini menjadi keharusan,” tambah deklarator JIB, David Krisna Alka (Gabriel Langga).

You may also like