Sains & Teknologi

“Pacah Paruik”, Me-Minangkan Indonesia Lewat Sebuah Komedi

Oleh: Rezky Dwiantoro

Youtube lebih dari tv ternyata bukan hanya sekedar tagline “kacangan” yang dianggap banyak orang selama ini. Kemunculan influencer atau artis-artisan baru yang tidak pernah kita temukan ditelevisi sebelumnya, membuktikan jika youtube memiliki kekuatan yang dapat meningkatkan popularitas  bagi penggunanya. Menjadi media yang dikunjungi lebih dari dua milyar pasang mata per harinya, mengkokohkan posisi youtube sebagai salah satu media komunikasi terbesar diabad ini.

Youtube sangatlah bersebrangan dengan televisi, yang paling kentara adalah dengan menawarkan sebuah pengalaman untuk bebas berselancar bagi setiap user-nya. Kebebasan inilah yang menarik perhatian banyak content creator dalam menyebarkan karya-karya yang sesuai dengan ideologi mereka.

Tak terkeculi Praz Teguh, sempat menjadi penghibur pada sebuah komedi tunggal distasiun televisi swasta Indonesia, Praz saat ini turut menjadi content creator di channelnya sendiri yang diberi nama “Praz Teguh”. Melalui videonya yang berjudul “Pacah Paruik”, Praz menghadirkan sebuah komedi cerdas bernuansa Minang kepada para penontonnya.

Pacah Paruik jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia yang berarti “Pecah Perut”, memiliki makna sebuah komedi yang dapat membuat penonton ketawa lepas hingga mengocok perut. Sejauh ini, sudah ada 22 series komedi Pacah Paruik yang dapat dinikmati oleh pengguna youtube.

Praz yang juga merupakan  kontestan 4 besar Stand Up Comedy Indonesia ini, memilih komedi ekspresif yang kental akan nuansa sosial dan budaya masyarakat Minang sebagai kiblat dalam membuat konten. Video ini akan  membawa penonton ke pengalaman masa kecil seperti, bermain bola di lapangan kampung, bolos sekolah dan bermain petak umpet. Dan juga penonton akan dapat merasakan fenomena sosial yang ada di lingkungan mereka seperti, kebiasaan anak muda Minang yang menggunakan bahasa campuran Indo-Minang, cara menggaet   yang absurd, dan fenomena para pelanggan potong rambut.

Pada konten ini Praz turut mengusung tagline “Minangkan Indonesia” sebagai wujud kepekaannya terhadap lingkungan sosial. Hal ini dapat dibuktikan dari videonya yang berjudul “#PACAHPARUIK Eps 2 – Pacaran Indomie” yang memperlihatkan bagaimana perilaku anak muda yang mulai mencampur adukkan bahasa Indonesia dengan Minang.

Disamping itu, dengan tagline ini Praz juga menempatkan bahwa komedi dengan konsep seperti ini tidak hanya dapat dinikmati oleh penonton Minang saja, namun juga dapat dinikmati oleh penonton yang berasal dari daerah atau suku lainnya yang ada di Indonesia.

Hal ini dapat dilihat dari komen-komen yang diberikan oleh para penontonnya, “walaupun saya bukan orang minang tapi saya suka sekali setiap episode pacah paruik” ungkap @rollasardian.

Bahkan konten ini turut dikomen dari salah seorang yang terkenal dengan sebutan “King of Youtube Indonesia” yaitu Atta Hallilintar,

“UUURANG PADANG ASLIII….#MinangkanINDONESIA” tulis dia.

 

You may also like