Politik

Pertama Kali dalam Sejarah, Tiga Anggota DPR Perempuan dari Minang, Siapa Mereka?

Tiga calon legislatif perempuan asal Sumbar, lolos ke Senayan. Jumlah ini merupakan yang terbanyak sejak pemilu digelar pasca-reformasi 1999. Berdasarkan hasil rekapitulasi suara KPU, dari 14 calon anggota DPR RI terpilih asal daerah pemilihan Sumbar, tiga diantaranya adalah perempuan.  Mereka adalah Nevi Zuarina dari PKS, Lisda Hendrajoni dari Nasdem, dan Athari Gauthi Ardi dari PAN.

Pada Pemilu kali ini, keterwakilan perempuan Sumbar di DPR RI paling tinggi sejak pemilu pasca-reformasi 1999. Pada Pemilu 1999 hanya satu perempuan yang lolos dari Sumbar ke DPR RI yaitu Aisyah Amini dari PPP. Kemudian pada Pemilu 2004, tidak ada perempuan yang lolos.

Selanjutnya pada 2009, lolos satu perempuan atas nama Yulmiar Yandri dari Demokrat. Kemudian 2014, satu perempuan lolos atas nama Betty Shadiq Pasadigue dari Golkar.

Lolosnya tiga caleg perempuan Sumbar ke DPR RI tidak terlepas dari kelebihan masing-masing caleg. Nevi dan Lisda merupakan istri kepala daerah. Nevi, istri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Lisda, istri Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni. Sementara, Athari merupakan anak dari Epyardi Asda, tokoh politik Sumbar yang tiga periode lolos ke DPR RI. Apakah masyarakat MInang dan perempuan Minang bangga? Entahlah.

Dari berbagai sumber

You may also like