Jalan-jalan Regional

Tahukah Anda, di Sumbar Ada Situs Prasejarah Mirip di Inggris dan Perancis?

Letaknya di Nagari Maek atau Mahat, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Situs prasejarah yang tak dimiliki oleh daerah lain di Indonesia. Ya, di Nagari ini terdapat Menhir peninggalan zaman prasejarah. Menhir adalah batu besar menyerupai tiang atau tugu yang ditegakkan di atas tanah hasil kebudayaan megalit, ada juga yang mengatakan zaman neolitikum.

Menhir biasanya digunakan masyarakat prasejarah sebagai alat pemujaan arwah nenek moyang. Batu-batu itu dibentuk dan dihias dengan berbagai macam pola dan ukiran dalam berbagai ukuran. Menhir yang ditemukan di Nagari Maek ini mirip dengan menhir-menhir yang ada di Irlandia, Inggris dan juga Perancis.

Jumlah menhir yang ditemukan di Nagari ini mencapai 800 buah—tersebar di Koto Tinggi, Padang Ilalang, Koto Gadang, Ronah, Ampang Gadang, Bawah Parit dan beberapa tempat lainnya di Nagari Maek. Bawah Parit merupakan lokasi menhir terbesar dari situs-situs menhir di Nagari Mahat. Lebih dari 348 Menhir berdiri tegak, bentuknya bermacam-macam, ada seperti pedang, tanduk, dan kepala manusia. Menurut penelitian para ahli, menhir-menhir ini telah ada sejak Periode Neolitikum yaitu sekira 6.000-2.000 tahun sebelum Masehi.

foto: raunholic.com

Mengunjungi Mahat, kehidupan masyarakatnya masih sangat tradisional. Nagari Mahat terletak pada sebuah lembah, dipagari perbukitan dan mempunyai tiga (3) anak sungai , yaitu Batang Kincuang, Batang Sugak dan Batang Penawan yang ketiganya masuk ke Batang Mahat sebagai sungai terbesar, selain keindahan alam yang mempesona Nagari Mahat juga memiliki situs peninggalan kepurbakalaan yang dapat dijadikan sebagai objek wisata budaya dan penelitian.

Di Kenagarian Mahat yang luasnya 115,92 Km2 tersebar peninggalan Kepurbakalaan berupa ; Menhir, Batu Dakon, Lumpang Batu, Punden Berundak-undak, Batu Tapak, Batu Jajak Ayam, Balai-balai Batu pembagian wilayah empat Niniak Luak Limo Puluah, Masjid Kuno dan Pesanggerahan masa Pemerintahan hindia Belanda.

Dibandingkan dengan daerah lain di Kabupaten Lima Puluh Kota, Nagari Mahat menjadi istimewa, karena memiliki Menhir terbanyak di Kabupaten Lima Puluh Kota hingga dijuluki nagari seribu menhir. Bagi anda para pelancong, selain ke Maek jangan lupa mampir ke Sawah Andiang dan Bumi Perkemahan Guak Lago, alamnya tak kalah indah. (berbagai sumber)

You may also like